Pusing Mencari Pekerjaan?Inilah 10 tips bagi Anda yang sedang mencari pekerjaan


Mencari pekerjaan pada saat ini bukanlah perkara mudah. Banyak yang bingung, pusing, sebel, bahkan hingga frustasi ketika pekerjaan yang mereka cari belum jua didapat. Barangkali dapat Anda renungi tips berikut ini, siapa tahu bisa bermanfaat:

Sepuluh Tips untuk Mencari Pekerjaan

1. Sewalah orang yang ahli dalam menelpon.

Ahli dalam menelepon benar-benar manjur untuk memperoleh pekerjaan – jika Anda ahli dalam hal ini. Kemampuan Anda untuk menjual diri Anda di telepon akan menampilkan keahlian menjual yang luar biasa, kepercayaan diri, semangat, dan komitmen. Tapi kebanyakan menelpon untuk mencari pekerjaan dilakuan dengan cara yang buruk.

2. Gunakan rekomendasi proaktif.

Daripada menunggu manajer HRD untuk meminta referensi, pakailah panggilan referensi Anda segera. Hal ini berhasil jika anda memiliki referensi kelas berat, seperti CEO terkenal atau orang yang mengetahui manajer perekrutan. Tetapi juga bekerja dengan baik jika anda memiliki sedikit pengalaman profesional.

3. Gunakan perangkat lunak pencari pekerjaan.

Berapa kali anda memasukkan nama yang salah di sebuah surat lamaran? Lupa di mana Anda diterapkan? Lupa apa pekerjaan itu? Anda harus diorganisir langsung dari jaringan – pertahankan Excel spreadsheet dengan semua kontak Anda. Sebagai pencari kerja yang serius yang mengetahuai bahwa pencarian tidak pernah selesai, Anda bisa mencoba JibberJobber, yang tidak hanya membantu Anda mengatur informasi, tetapi dapat bug anda tentang hal-hal yang seharusnya Anda lakukan, tapi mungkin tidak seperti menindaklanjuti dengan telepon memanggil.

4. Mengubah non-job menjadi pekerjaan.

Banyak perusahaan menggunakan agen temporer sebagai perusahaan rekrutan. Alih-alih melalui proses wawancara, perusahaan temporer menyaring pekerja sampai mereka menemukan satu yang mereka sukai. Jadi, ketika Anda menemukan diri Anda sendiri sebagai pekerjaan temporer di perusahaan yang Anda suka, berikan performa bintang. Bahkan jika pekerjaan tidak memerlukan banyak keterampilan, dalam situasi ini hanya memerlukan ke pribadian, jadilah orang yang menyenangkan dan menarik. Dan jangan malu untuk meminta pekerjaan penuh-waktu. Perhatikan bahwa taktik ini akan berhasil untuk magang juga.

Matt Himler, seorang mahasiswa di Amherst College, mulai mencari tempat magang, dan mengalihkan fokus ketika ia melihat pekerjaan sebenarnya adalah sebuah kemungkinan. Dia sekarang dibayar untuk blog untuk AOL Money & Finance.

5. Gunakan situs jaringan sosial.

Beberapa, seperti LinkedIn, penuh dengan pekerja profesional yang mengerti bahwa berburu pekerjaan yang baik bukanlah suatu acara tetapi suatu gaya hidup. Banyak dari orang-orang ini yang baik dalam bersosialisasi dan memberi keyakinan bahwa mereka akan mencintai pekerjaannya; pastikan Anda berada pada komunitas yang pas untuk Anda, jadi mendaftarlah dan buat profil anda sendiri. “Sembilan puluh persen pekerjaan diumumkan di LinkedIn yang terkait dengan profil,” kata Konstantin Guericke, salah seorang pendiri LinkedIn. Sehingga Anda dapat menemukan pekerjaan yang Anda inginkan, kemudian menemukan cara untuk terhubung dengan manajer perekrutan melalui orang yang Anda kenal, dan Anda akan memiliki koneksi karena – mungkin Anda sudah ribuan kali mendengar — – kebanyakan orang mendapatkan pekerjaan mereka melalui jaringan.

6. Masuklah pada jaringan sosial seseorang.

Pertanyaan para pencari kerja: Bagaimana jika saya tidak memiliki jaringan yang baik? Bertemanlah dengan
seseorang yang memiliki dan menggunakan jaringannya. Coba Match.com.Kay Luo bekerja di perusahaan komunikasi dan memiliki jaringan yang luas ia hanya bercabang ke pacarnya, seorang insinyur perangkat lunak. Jaringan LinkedIn nya: tujuh orang, termasuk Luo. Jaringan nya: lebih dari 100.

7. Menggunakan US mail.

Anda mungkin tidak akan bisa melewati pemindai otomatis di sebuah perusahaan besar. Bahkan calon yang
memenuhi syarat tidak bisa melewati. Jadi jangan pernah berpikir bahwa Anda akan diterima jika Anda bukanlah orang yang betul-betul cocok dengan pilihan mereka. Sebaliknya, hindari sistem dengan snail mail. Itu benar. Pergilah ke Kinkos (toko yang melayani retail FedEx Express dan FedEx Ground home delivery)dan belilah beberapa kertas resume yang menjadikan Anda selalu bertanya-tanya siapa yang menggunakan. Cari nama manajer HRD dan kirim surat langsung kepadanya. Kemungkinan besar ia menerima 200 e-mail sehari dan satu atau dua lembar surat fisik sehari. Jadi setidaknya Anda tahu dia akan melihat apa yang Anda kirim.

Chris Russell, yang menulis blog Secrets of the Job Hunt, mengatakan taktik ini juga berhasil dengan baik di
sebuah perusahaan kecil di mana Anda dapat menargetkan CEO.

8. Tulislah sebuah blog.

Jangan menganggap bahwa blog adalah untuk anak-anak. Itu tidak benar. Bagi para profesional, blog adalah
untuk mendapat perhatian. Himler, para mahasiswa dan AOL Amherst blogger, menunjukkan bahwa blogging sangat memakan waktu, bahkan untuk seorang mahasiswa. “Mahasiswa hanya mau masuk ke MySpace dan Facebook. Blogging belum lepas landas. Tapi dalam lima tahun kedepan teman-teman saya akan memerlukan sebuah profesi dan mereka akan ingin nama mereka di luar sana, dan cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan sebuah blog.

Himler melakukan blogging meskipun masih menjadi seorang mahasiswa, jadi pertimbangkan bahwa Anda mungkin dapat menangani sebuah blog juga.

9. Berikan komentar pada blog.

Secara realistis, kebanyakan orang tidak memiliki waktu atau energi mental untuk memelihara sebuah blog.
Tetapi Anda dapat menargetkan orang yang Anda ingin bekerja padanya dan mulai memberikan komentar di blog mereka. Para blogger memperhatikan orang-orang yang secara teratur mengirim komentar besar. Ini adalah cara untuk masuk ke dalam percakapan dengan seseorang yang Anda ingin mendapatkan Anda. Ini adalah taktik yang baik tidak hanya berhasil untuk para manajer sewaan tetapi juga bagi orang-orang dalam industri Anda yang terhubung dengan baik dan dapat membantu Anda jika mereka tahu Anda. Michael Keleman, yang menulis di blog Recruiting Animal, mengatakan bahwa perekrut pegawai yang secara teratur menulis di blog mengubah komentator mereka menjadi kadidat karyawan.

10. Be nice.

“Orang-orang yang dianggap sebagai baik mendapatkan mempekerjakan lebih sering,” kata Robin Koval, salah satu penulis “The Power of Nice: Cara Menaklukkan Dunia Bisnis dengan Kebaikan.” Tapi Anda mungkin sudah menganggap bahwa Anda menyenangkan. Kebanyakan orang beranggapan demikian. Jika Anda mendapatkan pekerjaan dengan mudah, maka kemungkinan memang Anda yang bagus, atau begitu berbakat sehingga Anda bisa lolos walau hanya dengan bersikap sedikit baik. Tetapi jika perburuan pekerjaan membuat Anda tegang, kunjungi thepowerofnice.com dan ikuti tes untuk melihat seberapa baik Anda sebenarnya.

Kabar baiknya adalah bahwa hanya mengetik di URL bisa membuat Anda sedikit lebih dekat untuk mendapatkan pekerjaan impian itu, karena hanya peduli lebih banyak tentang bersikap baik akan membuat Anda sedikit lebih baik.

Sumber     : http://www.boston.com/jobs/news/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s