Safer Internet Day 2010: “Think B4 U post


Safer Internet DaSafer Internet Day 2010y yang diselenggarakan oleh Insafe (jaringan Eropa yang mempromosikan Pusat Kesadaran penggunaan Internet dan mobile devices yang aman dan bertanggung jawab untuk kaum muda) setiap tahun pada bulan Februari untuk mempromosikan  penggunaan teknologi online dan ponsel yang lebih aman dan lebih bertanggung jawab, terutama di kalangan anak-anak dan kaum muda di seluruh dunia.

Pada Safer Internet Day 2010, INSAFE meluncurkan kampanye “Think B4 U post”.

Apa yang baru?
Teknologi baru telah mengubah kita semua, dan sebagian besar orang-orang muda, menjadi penerbit informasi, gambar, video: foto dan video dapat diambil di setiap saat dengan ponsel, mereka dapat dikirim ke daftar kontak dan diupload di blog atau profil jaringan sosial dalam satu menit. Foto, sekali online, tetap online dan dapat dilihat oleh siapa pun, bahkan bertahun-tahun setelah foto-foto itu telah diposting.

Pemungkinan penandaan orang dalam gambar, yang ditawarkan oleh sebagian besar layanan jaringan sosial, membuatnya sangat mudah untuk mencari foto seseorang secara online. Kita juga dapat mengatur identitas online dengan cara yang dapat mengubah kita menjadi “selebriti”.

Apa masalahnya?
Teknologi baru memberikan peluang luar biasa untuk berkreasi. Anak-anak dan remaja, yang merupakan pengguna utama situs jaringan sosial dan layanan online baru lainnya, menggunakannya untuk mengungkapkan identitas mereka. Tetapi, pada saat yang sama, anak-anak dan kaum muda dalam proses mengembangkan kepribadian mereka, mungkin sangat rentan terhadap gosip dan gangguan.

Anak-anak remaja tidak selalu menyadari bahwa informasi pribadi mereka pasca tetap online, dapat diakses oleh siapa saja (termasuk orangtua mereka, guru, pengusaha masa depan, predator…). Banyak pengusaha mengecek pekerjaan calon mereka secara online. Informasi pribadi yang terkandung dalam profil jaringan sosial dapat digunakan oleh oknum individu-individu untuk tujuan yang mungkin mencakup perawatan.

Gambar Innosensius (lugu) dapat dengan mudah ditampilkan dalam konteks yang sama sekali berbeda, yang mengarah ke embarrassement (memalukan), atau bahkan bullying (penghinaan). Karena sifat digital foto, gambar-gambar tersebut dapat dipotong, disisipkan, diubah atau terdistorsi.

Apa yang bisa kita lakukan?
Anak-anak dan remaja perlu diberdayakan untuk mengelola identitas online mereka, termasuk penerbitan gambar dan video, dalam cara yang bertanggung jawab. Inilah sebabnya INSAFE memutuskan untuk meluncurkan kampanye “Think B4 U pos!” On Safer Internet Day 2010. Anak-anak dan remaja harus dibuat sadar bahwa mereka dapat mengontrol identitas online mereka, dengan menggunakan pengaturan privasi yang ditawarkan oleh layanan networking sosial, memilih teman-teman online yang dapat mereka percayai, penerbitan foto mereka sendiri setelah berpikir dengan hati-hati tentang konsekuensi potensial, dan foto-foto berteman dengan izin mereka

Apa saja tips yang bisa diberikan?
Pertimbangkan pertanyaan-pertanyaan ini yang disusun oleh penyelenggara “Hari Internet Yang Lebih Aman”, sebelum Anda melakukan posting berikutnya, dan jika Anda orangtua, mintalah anak Anda pertanyaan-pertanyaan ini untuk membantu mereka belajar tentang posting yang bertanggung jawab:

* Apakah Anda menggunakan pengaturan privasi yang ditawarkan oleh layanan jaringan sosial? (Di Facebook, Anda dapat selalu mengatur mereka di halaman Pengaturan Privasi.)

* Apakah Anda memilih teman-teman online yang dapat Anda percaya? Ingat ini bukan hanya tentang apa yang Anda posting, tapi bagaimana orang lain dapat menggunakan konten tersebut.

* Apakah Anda telah berhati-hati berpikir tentang konsekuensi potensial penerbitan foto Anda sebelum Anda upload?

* Apakah Anda meminta izin dari teman-teman Anda sebelum penerbitan foto dari mereka? Sebuah foto yang mungkin lucu untuk anda dapat mengakibatkan bahaya untuk seorang teman.

“Pikirkan Sebelum Anda Posting” adalah pesan yang positif. Ini adalah tentang mengambil kendali keamanan online Anda dan berpartisipasi dalam manfaat dari media sosial, dengan menghormati diri sendiri dan orang lain.

Sumber: http://www.saferinternet.org

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s